Senin, 08 April 2013

Mahasiswa Berprestasi (MaPres)

istilah mapres udah gue liat pertama kali waktu jadi maba, waktu pertama kalinya naik kereta ke depok dan wkt nunggu bikun di halte stasiun di sana pada saat itu gue liat baliho gede banget tulisannya (kalo ga salah inget): "Selamat kepada . . . . . .(gue lupa namanya, maaf ya kaa ): ) telah menjadi Mahasiswa Berprestasi Universitas Indonesia". saat itu gue masih bingung dengan istilah mapres itu dan bagaimana caranya bisa dapat julukan seperti itu. terus yang ada di pikiran gue yang jadi mapres itu pasti punya IPK yang tinggi banget dan pinternya banget banget deh, itu presepsi pertama gue tentang mapres.

tapi selidik punya selidik (karena ikt program UI-SDP) gue mulai tahu gimana caranya jadi mapres dan tahu juga ternyata yang jadi mapres itu ga mesti seseorang yang punya nilai IPK tinggi, malah kebanyakan dari mereka malah punya IPK yang standard dan biasa-biasa aja. contohnya Iman Usman, mapres ui dan juga mapres nasional, denger2 dari berita yang beredar IPK dia ga sebagus IPK mapres 2 FISIP, tp dia bisa menang jd mapres 1 FISIP trs mapres UI dan berlanjut ke mapres Nasional. ini WOOOW bangetsssss!!! oke back to the topic haha jd initinya gue udh tahu gimana cara2nya buat jd mapres dan gue memutuskan untuk mengikuti ajang ini sekali pun gue tahu pasti ini ga akan mudah. ohya ternyata, gue juga baru tahu kalau maprea vokasi itu ga perlu maju jd mapres ui tp lgsg ke mapres nasional. let's me talk about my experience, kay! haha

singkat cerita gue tahu ttg info mapres di vokasi dan gue langsung mendaftarkan diri buat jadi pesertanya. gue ambil formulirnya dan kemudian ngisi semua pertanyaan di form itu. waktu pengumpulan form, karya tulis (yg ternyata msh dlm bntk draft aja) dan sertifikat2. gue baru mengetahuinya h-2. gue rasa ini bukan krn gue minim info tp krn memang info yang di tempel di mading krg jelas dan templetnya pun krg menarik jdnya ga eye catching gitu, tp gue juga mengaku salah kok kenapa gue ga banyak2 nanya ke sekre ttg deadline pengumpulannya. saat itu gue panik bgt dan hopeless dan beruntungnya gue pny tmn yg ikt ajang ini juga dan dia ttp calm dan ngasih saran apa yg harus gue lakukan dan gue pun jd lebih tenang dan akhirnya bisa memenuhi berkas2 yg di perlukan. temen gue itu namanya Faizal.

setelah semua selesai bakal ada pengumuman lg untuk tahap selanjutnya dan siapa yang bakal jd dosen pembimbing kita masing2. dapatlah gue dosen gue sendiri, namanya Pak Rido, beliau orangnya baik, open minded dan penuh dengan ambisi (biar lbh halus punya pikiran positif deh hehee). banyak hal gue alami selama dia jadi pembimbing gue mulai dari sharing2 ttg pengalaman dia jadi juri di thn lalu, kiat2 wkt wwncr, bahas karya tulis gue, bahas test2 yg bakal gue lalui mulai dari TOEFL smpe debat (syaratnya ini hrs smpe 9 besar), smpai dia beliin gue buku TOEFL buat belajar. kaget sih gue wkt dia nawarin gitu, tp apa pun yang dia lakukan itu pasti buat kebaikan gue dan sdh pst dampak baik itu pun pasti akan dia rasakan juga buat dirinya sendiri. it's not a big deal for me, yg pnting dia adalah dosen pembimbing yg beda dari dosen pembimbing lainnya. dan gue bersyukur bisa jd murid bimbingannya.

masih inget banget gue, semalam sebelum tes TOEFL, beliau nelepon gue buat ngasih semangat dan ngingetin gue buat terus belajar dan berlatih soal2 juga istirahat yg cukup biar bsk paginya bisa dtg ga telat dan ttp fresh. gue yakin hal ini ga mgkin (atau jarang) dilakukan sm dosen2 pembimbing lainnya. dan bener aja loh pikiran gue, wkt gue tny ke tmn gue, dia gada tuh yg smpe digituin sama pembimbing mereka. wah Pak Rido emg baik dan total banget deh ya. wkt mau test kepribadian sm interview bhs inggris jg dia ngasih briefing ke gue dan Hesti, ngasih kiat2 yg hrs dilakukan dan pertanyaan yg sekiranya mgkin nanti bakal ditanyain mengingat dulu beliau adalah juri kepribadian. setelah gue ngobrol2 sm tmn gue lagi hal ini pun ga di lakukan sm dosen pembimbingnya. intinya gue sangat bersyukur deh bisa kenal dan deket sm Pak Rido krn bakal banyak input2 yg gue dptin dari dia, dan begitu juga sebaliknya, Simbiosis Mutualisme-lah ya.

oya gue baru smpe tahap pengumpulan KTI scr utuh dan tgl 15 April nanti gue bakalan presentasiin, doain ya teman2 supaya gue bisa lolos dan lanjut terus. aminnnn!!!! :) Think Positive and Hope Positive




OKE cukup sekian ceritanya, nti kelanjutannya menyusul yaahh :) pst akan ada crt yg lebih seru lagi nanti. see you, buddies!!!! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar